Widget HTML #1

Mengenal Plat Nomor Yang Digunakan di Indonesia

Plat nomor yang sering terpasang di kendaraan bermotor bukan hanya sebuah aksesoris atau pelengkap saja. Tetapi banyak sekali fungsi dari plat nomor yang bukan hanya digunakan di Negara Indonesia saja, tetapi juga semua kendaraan yang berada di seluruh Dunia. Bahkan kode plat nomor yang terdiri dari huruf dan angka ini di setiap negara pasti berbeda.

Untuk plat nomor dari seluruh wilayah indonesia juga memiliki perbedaan yang ditandai dengan huruf depan yang menunjukkan wilayah tertentu dan huruf di bagian belakang menunjukkan kode sub wilayah yang berbeda-beda untuk setiap kota.

plat nomor dari seluruh wilayah indonesia

Dikutip dari Astra-daihatsu.id dari daftar plat nomor A-Z saat ini ada total 55 plat nomor yang sudah terdaftar dan digunakan oleh berbagai jenis kendaraan bermotor di Indonesia. Dan tidak menutup kemungkinan bisa bertambah jika ada pemekaran Provinsi, Kota, maupun, Kabupaten di Indonesia.

Fungsi Plat Nomor Yang Wajib Anda Ketahui

Berikut ini adalah fungsi plat nomor selain untuk mengidentifikasi kendaraan berdasarkan pemiliknya.

1. Identifikasi Kendaraan

Plat nomor digunakan untuk mengidentifikasi kendaraan secara visual. Nomor yang tertera pada plat nomor akan membedakan kendaraan dengan kendaraan lainnya.

2. Registrasi Kendaraan

Plat nomor juga digunakan untuk meregistrasi kendaraan dan memastikan bahwa kendaraan telah terdaftar secara resmi di badan pemerintah yang berwenang.

3. Pengendalian Lalu Lintas

Plat nomor juga membantu pihak keamanan dalam mengendalikan lalu lintas dan memastikan bahwa kendaraan yang melintas di jalan telah terdaftar dan sah.

4. Identifikasi Pemilik Kendaraan

Plat nomor juga digunakan untuk mengidentifikasi pemilik kendaraan. Pihak keamanan dapat melacak pemilik kendaraan jika terjadi pelanggaran lalu lintas atau tindakan kriminal yang dilakukan menggunakan kendaraan tersebut.

5. Pajak Kendaraan

Plat nomor juga digunakan sebagai sarana untuk membayar pajak kendaraan yang wajib dibayar oleh pemilik kendaraan.

6. Penegakan Hukum

Plat nomor juga membantu pihak kepolisian dalam menegakkan hukum, misalnya untuk melakukan penyelidikan atau penyidikan terhadap kejahatan atau pelanggaran lalu lintas.

Kenapa Plat Nomor di Indonesia Diganti Menjadi Putih Hitam?

Saat ini plat nomor di Indonesia berganti dari yang awalnya berwarna hitam dan tulisan putih, menjadi warna putih dengan tulisan hitam. Tentunya hal ini memiliki tujuan tersendiri dan bisa mempermudah proses identifikasi yang akan dilakukan oleh pihak kepolisian.

Plat nomor yang berwarna putih digunakan sebagai standar di banyak negara sebagai cara untuk membedakan kendaraan secara visual dan memberikan identitas pada kendaraan. Warna putih dipilih karena memberikan kontras yang baik dengan warna hitam yang umum digunakan untuk menampilkan nomor kendaraan. 

Selain itu, warna putih juga dianggap sebagai warna netral dan universal yang dapat diterima oleh banyak orang dan budaya. Selain itu, warna putih juga memiliki tingkat reflektifitas yang baik sehingga memudahkan pembacaan nomor kendaraan di tempat yang minim pencahayaan, seperti pada malam hari.

Fungsi Plat Nomor Berdasarkan Warnanya

1. Plat Nomor Hitam

Plat nomor hitam digunakan untuk kendaraan pribadi seperti mobil penumpang atau mobil pribadi lainnya. Plat nomor hitam biasanya memiliki format nomor polisi dengan huruf dan angka yang dicetak dengan warna putih atau kuning.

2. Plat Nomor Kuning

Plat nomor kuning digunakan untuk kendaraan umum seperti angkutan umum seperti taksi, angkot, atau bus. Plat nomor kuning biasanya memiliki format nomor polisi yang sama dengan plat nomor hitam, namun dicetak dengan warna kuning.

3. Plat Nomor Merah Putih

Plat nomor merah putih digunakan untuk kendaraan dinas dari pemerintah atau kendaraan resmi lainnya. Plat nomor ini memiliki warna merah dan putih yang mencolok dan biasanya memiliki format nomor polisi yang berbeda dengan plat nomor hitam atau kuning.

4. Plat Nomor Putih Tulisan Merah

Plat nomor putih dengan tulisan merah biasanya diberikan saat membeli kendaraan baru dan plat resmi yang belum keluar. Sehingga plat sementara ini bersifat sementara dan alangkah baiknya untuk menunggu plat yang sudah resmi terlebih dahulu sebelum menggunakan kendaraan di jalan umum.

5. Plat Nomor Putih Tulisan Hitam

Seperti yang saya jelaskan di awal artikel, saat ini plat nomor kendaraan yang resmi di Indonesia berganti menjadi berwarna putih dengan tulisan hitam. Dan prosesnya pergantian pun saat ini berjalan dan dilakukan secara bertahap yaitu khusus untuk pembelian kendaraan baru dan bagi mereka yang ingin membayar pajak atau ganti kaleng plat nomor.

6. Plat Nomor Dengan Garis Biru Pada Bagian Bawah

Plat nomor yang ditandai dengan garis biru pada bagian bawahnya menunjukkan bahwa kendaraan tersebut adalah kendaraan listrik. Di Negara Indonesia tercinta saat ini juga sedang mengkampanyekan kendaraan listrik mulai dari motor listrik dan mobil listrik yang harganya sudah disubsidi oleh pemerintah sebagai upaya untuk mendukung penggunaan energi terbarukan di masa yang akan datang.

Penutup

Mudah-mudahan informasi yang saya sampaikan pada artikel ini bermanfaat dan memberikan informasi yang detail bagi anda yang ingin mempelajari plat nomor yang sering kita gunakan untuk kendaraan bermotor. Jangan lupa untuk selalu mengikuti blog ini karena saya akan memberikan berbagai informasi menarik dan bermanfaat pada artikel selanjutnya.