Widget HTML #1

Tips Belajar Gitar Untuk Pemula

Gitar adalah salah satu peralatan musik yang sangat populer dan paling banyak digunakan oleh para seniman musik di Dunia. Meskipun cara memainkannya cukup mudah yaitu hanya dipetik saja, namun bagi pemula untuk memainkan gitar dengan baik dan benar supaya enak didengar harus rajin berlatih dan mempelajari ilmu dasar dalam bermain gitar.

Belajar gitar juga wajib dilakukan oleh para penyanyi untuk melatih vokal dan mengenal nada-nada dasar. Maka tidak heran jika banyak penyanyi yang mahir memainkan gitar saat membawakan lagu.

belajar gitar untuk pemula


Jenis - Jenis Gitar

Berikut ini adalah beberapa jenis gitar yang digunakan untuk memainkan sebuah lagu baik solo maupun dengan grup band.
  1. Gitar akustik.
  2. Gitar klasik.
  3. Gitar bass.
  4. Gitar elektrik.
  5. Gitar semi elektrik.
  6. Gitar Flamenco.
  7. Gitar Resonator.
  8. Gitar Parlor.
  9. Dreadnought.
Dari beberapa jenis gitar diatas, bagi pemula yang ingin belajar dianjurkan untuk menggunakan gitar akustik terlebih dahulu. Selain harganya yang lebih murah, jika anda sudah menguasai gitar akustik anda bisa lebih mudah untuk memainkan jenis gitar yang lainnya.

Berapa Harga Gitar Akustik?

Harga gitar akustik untuk pemula berkisar antara 150.000 hingga 300.000 saja dan bisa ditemukan pada marketplace online seperti Tokopedia dan Shopee. Dengan harga tersebut anda sudah bisa mendapatkan gitar yang berkualitas dan nyaman untuk belajar, karena saya juga pernah membeli gitar dengan kisaran harga tersebut.

Bagaimana Cara Menyetel Gitar?

Mungkin masih banyak yang berfikir bahwa menyetel gitar hanya bisa dilakukan oleh musisi profesional dan mereka yang sudah mahir menggunakan gitar saja. Padahal bagi pemula bisa dengan mudah menyetel gitar sebelum digunakan dengan mengunduh aplikasi setel gitar yang ada pada playtore dan appstore. 


Belajar Gitar Cepat Bagi Pemula

Setelah anda menyetel gitar dengan menggunakan aplikasi seperti yang saya anjurkan diatas. Selanjutnya adalah mencari chord atau kunci gitar melalui internet. Misalnya anda ingin memainkan mencari chord cinta luar biasa dari Andmesh Kamaleng menggunakan mesin pencari google. Anda bisa menemukan chord gitar tersebut dengan mudah dari beberapa rekomendasi website yang relevan.

Untuk kunci gitar cinta luar biasa ladiestory sudah menyiapkannya untuk anda, melalui website resminya. Selain itu anda juga bisa melihat chord gitar dari musisi lainnya secara lengkap pada website tersebut.

Penutup

Mudah-mudahan informasi yang saya sampaikan pada artikel kali ini bermanfaat dan membantu anda dalam belajar gitar. Jangan lupa untuk selalu mengikuti blog ini karena saya akan memberikan berbagai informasi menarik pada artikel selanjutnya.