Widget HTML #1

Email Ettiquette yang Harus Anda Terapkan dan Aplikasikan

Email ettiquette adalah seperangkat aturan yang perlu Anda lakukan ketika mengirimkan email, apalagi atas nama profesional. Saat Anda bekerja di lingkungan kantor, email adalah bagian penting dari hari kerja Anda.

Email Ettiquette

Apakah mengirim email internal atau eksternal, Anda tidak hanya mewakili perusahaan, namun juga mempengaruhi profesionalisme Anda. Apa yang Anda katakan dan bagaimana Anda mengatakannya akan berpengaruh pada karir dan kredibilitas. Inilah aturan yang bisa dilakukan dalam etiket email.

Email Ettiquette yang Harus Anda Terapkan

1. Tulis Pesan yang Jelas dan Ringkas di Baris Subjek

Detail penting ini seringkali menentukan apakah email Anda akan dibaca. Baris subjek harus dituliskan dengan jelas. Anda perlu mengomunikasikan dan meringkas isi email Anda, singkat dan to the point. Hindari semua huruf kapital atau huruf kecil, dan periksa ejaan Anda.

2. Gunakan Salam Profesional

Saat mengirim email kepada seseorang di luar organisasi Anda atau yang tidak Anda kenal sebelumnya, selalu gunakan salam profesional.  Hindari menggunakan sapaan dengan diksi bahasa sehari-hari lainnya.

Umumnya, salam informal harus dihindari di tempat kerja. Sebagian besar profesional menggunakan “Bapak/Ibu” dalam berkomunikasi. Jadi, selalu gunakan salam dan sapaan yang profesional.

3. Jangan Menulis Terlalu Panjang

Saat menulis email, jangan terlalu panjang dan tulislah dengan singkat. Kebanyakan orang tidak akan membaca email jika panjangnya lebih dari dua atau tiga paragraf. Baca ulang email Anda dan cari cara untuk mengeditnya. Langsung ke intinya sangat dihargai dan besar potensinya untuk dibaca.

4. Hindari Mengajukan Banyak Pertanyaan

Do's and don’t's dalam etika email adalah, jangan membanjiri penerima dengan membombardir mereka dengan banyak pertanyaan. Etiket email yang sopan sebenarnya adalah menghindari mengajukan lebih dari beberapa pertanyaan dalam satu pesan.

Responden cenderung hanya menjawab satu pertanyaan terlepas dari berapa banyak pertanyaan yang Anda ajukan, jadi sebaiknya jangan memberikan banyak pertanyaan kepada penerima email Anda.

Mau mempelajari email ettiquette lainnya dengan lebih detail dan jelas? Yuk, belajar saja bahasa Inggris Anda di English First! Di sini adalah tempat terbaik untuk pelajari bahasa Inggris dengan ahlinya!