Widget HTML #1

Kenapa Lokasi Data Center Berada di Jakarta? Berikut ini adalah Penjelasannya

Teknologi digital saat ini mengalami perkembangan yang tergolong sangat cepat di seluruh Dunia, termasuk di Negara tercinta kita Indonesia. Hal ini dikarenakan banyaknya terobosan dan inovasi terbaru dengan memanfaatkan internet sebagai media untuk mengakses semua kebutuhan sehari-hari dengan bantuan berbagai aplikasi yang dibuat oleh para pengembang atau developer.

Tentunya peningkatan positif ini harus diimbangi dengan infrastruktur pendukung dan salah satunya adalah data center yang berperan penting untuk melakukan penyimpanan data secara digital namun memiliki sistem keamanan yang tinggi.

Alasan Lokasi Data Center di Jakarta

Mungkin tanpa adanya bantuan dari data center, pihak pengembang akan kesulitan untuk menjalankan sistem yang sudah dibuat. Karena komputer server harus selalu menyala untuk memenuhi kebutuhan para pengguna yang ingin mengakses data dan layanan yang anda berikan. Sehingga jika anda tidak memiliki komputer yang canggih dan sistem pendingin yang bagus, komputer yang anda gunakan pastinya akan mengalami penurunan performa dan cepat panas karena banyaknya trafik pengunjung yang masuk.

Pentingnya Menggunakan Data Center

Dengan beberapa alasan yang saya sebutkan diatas, membuat penggunaan data center semakin dibutuhkan untuk kenyamanan penggunaan dan jaminan keamanan penyimpanan data. Hal ini dikarenakan dalam sebuah gedung data center di seluruh dunia, pastinya sudah memenuhi standar dan keamanan terbaik untuk mengantisipasi berbagai hal yang tidak diinginkan.

Misalnya penggunaan sistem pendingin yang maksimal, cadangan listrik yang cukup, dan peran penting tim ahli dalam pengoperasian data center. Sehingga jika terjadi suatu gangguan yang tidak diinginkan pasti akan bisa diselesaikan dalam waktu cepat dan tidak akan mengganggu performa website maupun sistem yang anda jalankan.

Kenapa Lokasi Data Center Berada di Kota Jakarta

Sebenarnya Alasan Lokasi Data Center di Jakarta adalah infrastrukur pendukung yang sudah lengkap dan lokasinya strategis di pusat bisnis dan pemerintahan Indonesia. Mungkin masih banyak beberapa alasan lainnya, dan menurut pendapat saya pribadi jika lokasi data center berada pada daerah yang sulit dijangkau bisa mengakibatkan beberapa permasalahan seperti kurangnya aliran listrik yang stabil dan beberapa permasalahan lainnya.

Sehingga lokasi pembangunan gedung data center lebih baik berada di Kota besar seperti Jakarta dan kota lain yang sudah mendukung.


Penutup

Cukup sekian dulu artikel pada kali ini, mudah-mudahan apa yang saya sampaikan pada artikel kali ini menambah wawasan baru bagi anda. Dan jangan lupa untuk selalu mengikuti blog ini karena akan memberikan informasi menarik dan bermanfaat pada artikel selanjutnya.