Widget HTML #1

Perkembangan Digital Library di Indonesia

Perkembangan teknologi saat ini sudah bisa dimanfaatkan di berbagai sektor untuk mempermudah proses memecahkan masalah. Salah satunya pada bidang pendidikan yang melakukan digitalisasi untuk buku yang biasa ditemukan di perpustakaan. Atau biasa disebut dengan digital library dan sudah mulai bisa digunakan pada saat ini.

Dengan adanya perpustakaan digital ini diharapkan bisa menambah minat para pelajar untuk membaca buku ditengah gempuran teknologi yang semakin berkembang. Hal ini dikarenakan dalam kegiatan sehari-hari hampir semua orang tidak lepas dari ponsel maupun PC dalam melalukan kegiatan seperti bekerja maupun mencari hiburan.

Kelebihan Digital Library

Jika dibandingkan dengan perpustakaan tradisional yang masih menyediakan buku dalam bentuk fisik. Perpustakaan digital ini terlihat lebih menarik karena menawarkan beberapa kelebihan dan kemudahan sehingga lebih efisien.

Digital Library

Misalnya anda bisa melihat format file seperti gambar, audio, dan video pada digital library dan itu tidak bisa anda dapatkan pada buku di perpustakaan biasa. Tentunya hal ini sangat menarik dan bisa membuat seseorang lebih semangat lagi dalam belajar.

Digital Library Bisa Membantu Para Penulis Buku Untuk Semakin Berkembang

Berkembangnya elektronik library di Indonesia juga bisa membantu para penulis buku untuk mendapatkan kemudahan untuk mengenalkan atau mempromosikan karya buku yang baru saja ditulis. Sehingga buku bukan hanya bisa dijual dalam bentuk fisik saja, tetapi juga bisa dalam bentuk digital atau ebook. 

Dari tahun ke tahun penjualan file buku dalam bentuk ebook juga mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Bahkan google sendiri saat ini juga memiliki layanan yang menghubungkan antara penulis buku atau ebook dengan para pembaca yang berminat untuk membelinya. Anda cukup mengunduh aplikasi google play buku dan bisa digunakan untuk membeli ebook maupun menjadi kreator dengan menjadi penulis buku.

Dengan adanya layanan google play buku, bukan hanya penulis buku yang sudah berpengalaman saja yang bisa menggunakannya, tetapi bagi pemula yang tertarik untuk memberikan karya buku digital juga bisa mendaftarkan hasil tulisannya.

Penutup

Mudah-mudahan informasi yang saya bagikan ini bermanfaat dan menambah wawasan baru bagi anda. Jangan lupa untuk selalu mengikuti blog ini karena akan memberikan informasi menarik pada artikel selanjutnya.