Widget HTML #1

Pentingnya Medical Check Up Bagi Calon Pekerja

Saat memasuki lingkungan pekerjaan pastinya semua memiliki resiko dan potensi bahaya yang bisa saja terjadi kepada calon pekerja. Sehingga ancaman ini bisa dicegah dengan melakukan medical check up supaya mengetahui kondisi kesehatan semua calon pekerja apakah cocok untuk ditempatkan pada bagian yang diinginkan atau tidak.

Saya sendiri pernah bekerja pada kawasan Industri yang berada di pinggiran Ibukota Jakarta. Dimana pada kawasan tersebut banyak sekali pabrik maupun pergudangan dari perusahaan yang berbeda-beda dan kebetulan saya bekerja pada salah satu perusahaan startup supply chain di Indonesia.
Medical Check Up

Pada saat melakukan perjalanan menuju tempat saya bekerja, disitu saya melihat banyak sekali pabrik dengan resiko yang bisa membahayakan kesehatan sehingga harus melakukan seleksi yang ketat salah satunya dengan melakukan medical check up supaya resiko yang bisa membahayakan kesehatan pekerja bisa diminimalisir dengan seleksi.

Misalnya saja pada kawasan Industri tersebut saya melihat pabrik bahan kimia dan pabrik peleburan besi yang sewaktu-waktu mengeluarkan limbah ke udara dan menimbulkan bau belerang dan sejenisnya, saya saja yang hanya melewati bagian depan bisa mencium aroma belerang dengan jelas, apalagi mereka yang berada di dalam pabrik.

Meskipun semua pekerja sudah menggunakan peralatan lengkap dan sesuai dengan SOP tetap saja harus memperhatikan riwayat penyakit yang pernah diderita calon pekerja.

Karena jika seseorang pernah menderita penyakit pernapasan seperti asma, sepertinya akan sangat terganggu jika bekerja pada pabrik tersebut. Itulah kenapa melakukan medical check up dengan menggunakan jasa yang berasal dari tim ahli dan tim dokter yang berpengalaman di bidangnya.

Pekerja adalah aset yang harus dijamin dan dijaga kesehatannya oleh perusahaan, karena dengan demikian semangat dan produktivitas pekerja akan mendongkrak performa perusahaan untuk mencapai tujuan besar dan tanpa adanya hambatan seperti halnya masalah kesehatan.

Mungkin semua pekerja sudah mendapatkan semua haknya seperti jaminan kesehatan dan jaminan keselamatan kerja. Namun medical check up tetap menjadi hal yang penting sebagai upaya pencegahan, karena sejatinya mencegah itu lebih baik daripada mengobati.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan pada artikel kali ini, mudah-mudahan bermanfaat dan jangan lupa untuk mengikuti blog ini karena masih banyak informasi menarik selanjutnya.