Tips Mencari Kampus Unggul dan Terbaik Setelah Lulus Sekolah Menengah Atas

Saat mendekati Ujian Nasional di SMA atau SMK anda pasti akan dibuat sibuk dengan lembar try out sebagai bahan latihan untuk menghadapi ujian yang sebenarnya, belajar dan terus belajar hingga mengikuti Les adalah salah satu cara ampuh yang sering dimanfaatkan oleh orang tua murid yang ingin anaknya sukses nantinya, karena hasil Ujian Nasional tersebut adalah salah satu bahan pertimbangan jika anda ingin melanjutkan kuliah di kampus favorit yang memiliki banyak peminat.


Padahal ujian yang sebenarnya adalah setelah selesai mengikuti Ujian Nasional itu sendiri, karena kita akan menghadapi pilihan yang sangat berat karena harus memilih kampus unggul dan sesuai dengan potensi yang anda miliki. Jangan sampai salah dalam memilih kampus, dan yang paling penting juga jangan sampai salah saat memilih Jurusan. Seperti yang saya alami saat memiliki waktu yang terbatas dan bingung untuk memilih jurusan. Dan pada akhirnya saat pertengahan semester baru menyadari bahwa Jurusan yang saya ambil tidak sesuai dengan potensi dan minat yang saya miliki. 

Dan pada saat itu saya mengambil kelas malam karena saya bekerja part time di sebuah percetakan di Kota Depok. Selain untuk membayar kuliah dari gaji sendiri dan tidak membebani orang tua, bekerja di percetakan mempertemukan saya dengan banyak mahasiswa dari kampus yang berbeda karena sering menggunakan jasa printing dan cetak hard cover, disitulah saya banyak mendapatkan ilmu serta pengalaman yang mungkin bisa mengembangkan diri saya di kedepannya.

Namun saya tetap fokus dalam belajar karena yang terpenting adalah bagaimana kita menjadi orang yang berguna bagi keluarga dan orang sekitar, maka dari itu selain menerima materi saat perkuliahan, kita juga harus banyak belajar diluar dan mengasah keterampilan yang dimiliki. Karena jika memiliki skill non akademik yang bagus, nanti bisa dicantumkan pada CV sebagai pendamping Ijasah saat melamar pekerjaan. Dan itu akan menjadikan anda dipertimbangkan oleh HRD yang melakukan Interview meskipun posisi anda adalah fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja.


Tips Mencari Kampus Terbaik Setelah Lulus SMA / SMK
  1. Kunjungi kampus secara langsung untuk menggali informasi dan meminta brosur.
  2. Cari referensi di internet.
  3. Cek legalitas kampus untuk menghindari kampus ilegal seperti pada kasus beberapa tahun yang lalu.
  4. Amati situasi kampus untuk melihat fasilitas secara langsung dan melihat lingkungan sekitar apakah mendukung untuk perkembangan diri anda atau tidak.
  5. Konsultasi dengan beberapa alumni dari kampus yang berbeda sebagai bahan pertimbangan.
  6. Meminta pertimbangan orang tua setelah menemukan beberapa referensi kampus, karena doa restu dari orang tua adalah salah satu faktor penting untuk kesuksesan kita nanti.
Jika anda menemukan Kampus terbaik dan sesuai dengan keinginan, belum tentu menjamin kesuksesan dan keberhasilan. Karena terbaik bukan jaminan, jika anda masih malas dalam belajar, banyak juga lulusan dari kampus yang biasa biasa saja dan tidak diperhitungkan reputasinya namun sukses mendapatkan jabatan yang strategis di sebuah perusahaan ternama berkat kegigihan dan kerja keras saat masih mengenyam pendidikan. Dan saya sudah sering menyaksikan sendiri karena saya suka sharing dengan beberapa teman dengan latar belakang dan lulusan dari kampus yang berbeda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel