Peluang Menjadi Pengusaha Sukses Saat Teknologi Berkembang Sangat Pesat

Menjadi seorang pengusaha sukses adalah impian banyak orang. Selain mendapatkan jam kerja yang fleksibel dan memilih hari libur sesuka hati. Menjadi pengusaha bisa menghasilkan uang yang lebih banyak jika dibandingkan dengan menjadi seorang karyawan yang bekerja pada sebuah perusahaan. Bahkan yang saat ini masih bekerja pun pasti berfikir bagaimana cara membangun usaha sendiri dan harus melakukan langkah nyata.

Jika kita melihat daftar orang terkaya di Indonesia, mereka memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Ada yang mendapatkan kekayaan dari warisan orang tua, ada yang sebelumnya bekerja menjadi karyawan selama bertahun-tahun dan akhirnya memulai bisnis sendiri, ada yang sebelumnya hanya lulusan sekolah dasar dan akhirnya memiliki banyak gurita bisnis yang sangat maju hingga saat ini. Dan masih banyak lagi cerita sukses dibalik perjuangan seorang pengusaha yang masuk kedalam daftar orang terkaya di Indonesia.

Apa yang harus kita lakukan supaya bisa seperti mereka? selain doa dan dukungan dari orang tua, masih banyak hal yang harus anda lakukan apalagi saat ini kita sedang memasuki era digital. Yang membuat budaya kerja keras untuk mencapai kesuksesan, berganti menjadi kerja cerdas karena harus melek teknologi supaya bisa mengikuti trend dan perkembangan pasar. Itu adalah modal berharga yang bisa anda manfaatkan selain modal materi seperti uang.

Membangun Usaha di Sektor Riil


Bicara soal permodalan, banyak orang yang tidak berani maju karena hanya memiliki modal atau uang yang sedikit. Jika ingin membangun sebuah bisnis atau usaha di sektor riil. Saya juga memikirkan hal yang sama, apalagi posisinya masih tinggal ngontrak di kota besar tanpa memiliki aset sedikitpun. Pasti berfikir bagaimana cara membayar sewa ruko, dan belanja peralatan untuk membangun sebuah usaha. Yang membutuhkan modal puluhan bahkan ratusan juta rupiah.

Misalnya saat anda ingin membangun sebuah usaha percetakan di kota Depok. Pasti anda harus memilih lokasi yang strategis seperti di dekat kampus, atau pusat perkantoran. Untuk harga sewa ruko sendiri sekitar 30juta hingga 50 juta untuk satu tahun. Selain itu ada biaya-biaya lain seperti  belanja alat percetakan yang meliputi printer, mesin fotocopy, alat pemotong kertas, beberapa komputer dan kebutuhan ATK yang harganya sekitar 50jutaan. Jadi untuk membangun usaha percetakan kurang lebih totalnya sekitar 100juta. Bisa kurang bahkan bisa lebih tergantung dari tempat dan biaya pengadaan barang.

Selain modal awal untuk biaya peralatan dan sewa tempat, saat usaha berjalan pasti membutuhkan biaya operasional seperti bayar internet, listrik, uang sampah, atau gaji karyawan jika anda tidak ingin bekerja sendirian. Inilah yang menjadikan alasan seseorang maju mundur untuk menjadi pengusaha di sektor riil. Apalagi yang masih menjadi perantauan di kota besar dan memiliki modal yang terbatas.

Dan itu semua tidak menjamin kesuksesan, karena peluang sukses dan rezeki setiap orang itu berbeda-beda, ada yang baru membangun usaha langsung sukses, ada juga yang beberapa kali jatuh bangun baru mendapatkan kesuksesannya. Bahkan ada yang gulung tikar karena tidak siap dalam menerima kegagalan dalam menjalankan usaha.

Seperti yang anda ketahui, bahwa saat ini kita sedang memasuki era digital dimana semuanya serba online. Banyak sekali orang yang sukses dengan bisnis digital atau bisnis online. Banyak sekali situs atau website yang bisa anda jalankan untuk memulai bisnis online. Bahkan ada yang tidak membutuhkan modal sama sekali atau gratis. Oke langsung saja, berikut ini adalah beberapa peluang bisnis online yang bisa anda manfaatkan untuk memulai sebuah usaha. 

Peluang Bisnis Jualan Online

Jika anda sebelumnya pernah berjualan atau memiliki pengalaman di bidang ini, mungkin tidak menjadi masalah. Karena anda hanya butuh sedikit belajar dan mulai membangun toko online dengan memanfaatkan marketplace seperti Lazada, Shopee, Tokopedia dan masih banyak lagi. Setelah membuat toko, anda bisa mempromosikan toko online tersebut ke beberapa media sosial atau menggunakan iklan berbayar untuk mendapatkan first order. Setelah mendapatkan beberapa kali orderan dengan review yang bagus biasanya tidak lama lagi toko akan meroket dan dibanjiri orderan. Apalagi jika sering mengadakan promo.

Namun bagi anda yang tidak memiliki pengalaman sama sekali mungkin akan berfikir sebelum memulai, karena jualan online itu yang jelas harus ada barang yang dijual dan harus mengetahui dimana produsen barang yang menjual harga yang murah dan anda bisa menjualnya dengan harga yang lebih mahal untuk mendapatkan keuntungan. 

Padahal dari beberapa marketplace tersebut menawarkan beberapa peluang usaha yang bisa anda manfaatkan tanpa membutuhkan biaya sama sekali. Dan dengan pendapatan yang tak terbatas hingga ratusan juta rupiah. Misalnya pada marketplace shopee, anda tinggal mendaftar menjadi bagian dari shopee affiliate program. Yaitu jasa yang bisa anda lakukan untuk mempromosikan produk shopee khususnya produk star dan shopee mall. 

Anda bisa membagikan link barang yang ada di shopee tersebut menggunakan media sosial seperti facebook, instagram, tiktok dan video youtube. Saat ada orang yang membeli barang melalui link yang anda bagikan maka anda akan mendapatkan komisi sebesar 10% di setiap transaksi untuk pengguna baru. Untuk pengguna lama anda hanya akan mendapatkan komisi sekitar 2,5%. Untuk komisi setiap pembeli maksimal 10ribu. Tetapi ada juga komisi brand yang bisa mencapai puluhan hingga ratusan ribu rupiah namun hanya untuk beberapa produk yang sudah ditentukan.

Peluang Bisnis Jualan Jasa Online

Saat ini banyak sekali jasa yang bisa ditawarkan secara online. Misalnya seperti edit foto online, edit cv online, jasa promosi online, dan masih banyak lagi jasa lainnya yang ditawarkan secara online. Saya sendiri sudah lama tertarik dengan peluang usaha yang satu ini. Karena hanya membutuhkan modal sedikit bahkan bisa dilakukan tanpa modal sedikit pun dan hanya memanfaatkan internet.


Anda bisa menggunakan beberapa situs online atau markeetplace yang menampung penyedia jasa dan pembeli jasa. Misalnya bagi seorang blogger seperti saya. Jika sudah memiliki traffic yang cukup, langsung saja untuk memberanikan diri untuk menawarkan jasa promosi online atau jasa review produk atau website orang lain dengan menyertakan kontak atau link yang mengarah ke situs orang lain. Sehingga bisa menguntungkan pembeli jasa karena traffic atau kualitas websitenya akan semakin naik.

Selain itu anda juga bisa memanfaatkan media sosial seperti tiktok dan instagram, saat pengikut atau followers sudah meningkat. Tidak menutup kemungkinan anda akan menerima endorse dari produk orang lain. Dan yang harus anda lakukan adalah melakukan review dalam bentuk foto atau video dan anda akan mendapatkan sejumlah uang dari kegiatan tersebut.


Kesimpulan

Membangun sebuah usaha memiliki banyak pertimbangan dan tantangan, namun dengan kerja cerdas dan memanfaatkan kemajuan teknologi, anda bisa berkembang dengan cepat. Karena pasar online memiliki jangkauan yang lebih luas jika dibandingkan dengan pasar offline. Artikel ini saya buat berdasarkan pandangan saya sendiri, jika ada kesalahan dalam penulisan dan perbedaan pendapat saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Karena sejatinya setiap pendapat atau pandangan dari seseorang pasti berbeda-beda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel